Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan


Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan

Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan! Bagi setiap perusahaan, pasti membutuhkan adanya laporan keuangan. Merupakan sebuah data yang berisi informasi mengenai posisi keuangan dan kinerja suatu perusahaan. Data tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perusahan tersebut. Adapun langkah pembuatan laporan keuangan adalah sebagai berikut:

Kumpulkan dan Catat Transaksi pada Jurnal

Langkah pertama yang Anda butuhkan adalah mengumpulkan bukti transaksi serta melakukan pencatatan atas transaksi tersebut dalam satu periode akuntansi pada sebuah jurnal. Yang dimaksud dengan transaksi adalah kegiatan umum suatu perusahaan seperti transaksi pembelian, penjualan, sewa, retur barang atau transaksi lainnya.

Penting bagi perusahaan untuk menyimpan bukti transaksi tersebut karena sebagai dasar pencatatan dalam membuat laporan keuangan. Bukti transaksi ini bisa berupa nota, faktur, kuitansi, bukti transfer atau bukti transaksi lainnya. Catat semua bukti transaksi tersebut secara rinci agar menghasilkan sebuah laporan keuangan yang akurat.

Anda bisa menggunakan rumus excel untuk membantu menghitung dengan tepat jumlah bukti transaksi yang ada. Hal ini sebagai perbandingan apakah jumlah yang tertera pada jurnal yang Anda buat sama dengan jumlah yang ada jika menggunakan rumus tersebut.

Posting Jurnal pada Buku Besar

Langkah berikutnya dalam membuat laporan keuangan adalah melakukan posting jurnal ke dalam sebuah buku besar  yang merupakan rincian setiap akun. Cara ini tergolong mudah karena Anda hanya perlu memindahkan transaksi yang sudah tercatat pada jurnal ke setiap akun secara rinci.

Susun Neraca Saldo

Setelah buku besar selesai, langkah berikutnya adalah menyusun neraca saldo. yaitu daftar rekening buku besar beserta saldo debit atau kredit. Daftar rekening tersebut akan dikelompokan menjadi dua golongan, yaitu aktiva dan pasiva. Dari neraca saldo ini Anda akan bisa mengecek keseimbangan antara kredit dan debit dari semua rekening.

Buat Jurnal Penyesuaian

Adakalanya dalam membuat laporan keuangan terdapat transaksi yang belum tercatat. Untuk itu kumpulkan semua data yang diperlukan untuk membuat suatu jurnal penyesuaian agar tidak terjadi selisih saat memasuki tahap akhir pembuatan laporan keuangan.

Susun Neraca Lajur

Untuk langkah berikutnya agar mudah dalam pembuatan laporan keuangan, perlu dibuat neraca lajur. Yaitu kertas kerja yang berguna untuk memudahkan Anda dalam penyusunan laporan keuangan. Isi dari neraca lajur ini mulai dari neraca saldo yang disesuaikan dengan jurnal penyesuaian. Dari situ akan terlihat saldo yang sudah disesuaikan pada kolom neraca saldo. Saldo-saldo inilah yang nantinya akan dicantumkan dalam neraca dan juga laporan rugi laba.

Buat Laporan Keuangan

Langkah berikutnya setelah menyelesaikan neraca lajur atau daftar kertas kerja adalah membuat laporan keuangan yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas dan juga laporan arus kas. Sedangkan pada neraca lajur sudah terdapat kolom mengenai neraca dan juga laporan laba rugi. Sehingga Anda tinggal menyusun ulang atau mengubah bentuk data yang ada pada neraca lajur agar mudah dibaca dan dianalisa.

Penting bagi perusahaan untuk bisa menyajikan informasi dalam laporan keuangan yang mudah dibaca. Untuk itu sebuah perusahaan akan membutuhkan seseorang yang paham akan alur cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Mulai dari mengumpulkan data transaksi yang akurat, melakukan pencatatan pada jurnal, membuat buku besar sampai dengan membuat neraca lajur. Semua itu sangat berguna dalam memantau kondisi keuangan pada suatu perusahaan secara real time demi masa depan perusahaan itu sendiri.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan"

Posting Komentar